blog


glitter-graphics.com [url=http://www.glitter-graphics.com][img]http://dl3.glitter-graphics.net/pub/1238/1238563s6wfel4lo6.gif[/img][/url]

Rabu, 19 Oktober 2011

~ Diatas Titian Jahannam (2)~


Bismillaahirrahmaanirrahii
m
Sambungan DIATAS TITIAN JAHANNAM (1)

Kemudian mereka ( yang bersujud ) mengangkat kepala . Sedang DIA telah beralih dalam bentuk yang mereka lihat pertama kali. Maka dia berfirman : "AKU ADALAH RABBMU", Lalu mereka berkata : “ENGKAU RABB KAMI”.
Kemudian diletakkan shirat diatas jahannam.
Dan yang ada HANYA IZIN MEMINTA SYAFAAT.
Mereka (Para NABI PUN BERDOA) , “YA ALLAH SELAMATKANLAH, SELAMATKANLAH”

Ibnu Rajab berkata “ Hadis ini jelas menerangkan bahwa setiap orang yang beribadah kepada sesuatu selain Allah, seperti golongan ahli kitab yang menyembah Al-masih dan Uzair, akan bergabung dengan Musyrikin untuk sama-sama dijerumuskan kedalam neraka sebelum shirat dibentangkan”

Hanya saja para penyembah berhala , matahari, bulan dan golongan musyrikin lainnya akan mengikuti apa yang dulu nya mereka sembah didunia. Lalu merekalah yang pertamakali masuk neraka bersama sesembahan mereka. AlQuran sendiri telah memberi keterangan yang semakna dengan ini dalam firman Allah :
“IA BERJALAN DIMUKA KAUMNYA PADA HARI KIAMAT LALU MEMASUKKAN MEREKA KEDALAM NERAKA. NERAKA ITU SEBURUK-BURUK TEMPAT YANG DIDATANGI (Hud : 98)

Sedangkan orang-orang munafik akan melewati titian itu . Mereka diberikan cahaya untuk menerangi jalan mereka.
Kemudian dipadamkan cahaya mereka agar mereka berjatuhan kedalam tingkatan yang paling bawah dari neraka. Kita berlindung kepada Allah.

Jabir Bin Abdullah pernah berkata,… “Setiap Manusia Baik Munafik maupun Mukmin Akan Diberi Cahaya kemudian Mereka Mengikutinya. Diatas Jembatan Jahannam ada cakar-cakar (besi-besi pengait) dan duri-duri yang menyambar siapapun orang yang dikehendaki Allah. Kemudian dipadamkan Cahaya Orang-Orang munafik. Selanjutnya Selamatlah Orang-Orang Mukmin. (HR Ahmad dlm Al-Musnad(14763) dan Muslim (191)

KEADAAN MANUSIA DIATAS SHIRATH

Orang yang melewati Shirath ada empat golongan masing-masing menurut kadar keimanan dan amalnya.
Diriwayatkan oleh Abu Said Al-Khudri Bahwa Rasulullah bersabda :”Diletakkan Shirath diantara kedua tepi Jahannam, diatasnya ada duri-duri seperti duri As-Sa’ dan (jenis tumbuhan berduri) kemudian orang-orang melewatinya.

Ada orang yang sampai (keseberang) dan selamatlah ia.
Ada yang tersambar sehingga tubuhnya tercabik, namun ia tetap selamat, tetapi adapula yang terkait lalu terhempas keneraka. (HR Ahmad dalam Al-Fath Ar_rabbani :24/157)

1.Diantara mereka ada yang melewatinya dengan cepat dan selamat dari titian itu. Sehingga ia tidak tersentuh panasnya jahannam ataupun cakar-cakar shirath. Hal ini disebutkan dalam hadis riwayat Abdullah bin Mas’Ud dimana Rasulullah bersabda : “MANUSIA AKAN MENDATANGI NERAKA , KEMUDIAN MEREKA AKAN PERGI DARI NERAKA ITU SESUAI DENGAN AMAL-AMALNYA. GOLONGAN PERTAMA DIANTARA MEREKA SECEPAT KILAT, KEMUDIAN SEPERTI ANGIN, KEMUDIAN SEPERTI KENCANGNYA KUDA MAKSUDNYA LARI KUDA , KEMUDIAN SEPERTI ORANG YANG MENGENDARAI HEWANNYA, KEMUDIAN SEPERTI LARINYA SESEORANG. KEMUDIAN SEPERTI ORANG YANG BERJALAN.
(hr Ahmad dalam Al-Fath Ar-rabbani)

2.Diantara mereka ada yang tercabik-cabik oleh cakar-cakar shirath atau terpotong-potong dagingnya, namun kemudian ia selamat.
“… DIKEDUA TEPI SHIRATH ADA BESI-BESI PENGAIT LAKSANA CAKAR-CAKAR YANG TERGANTUNG (Shahih muslim bin syarhi an-nawawi(3/25) (182)), YANG DIPERINTAHKAN UNTUK MENYAMBAR SIAPA YANG DIPERINTAHKAN KEPADANYA. LANTAS ADA YANG TERCABIK-CABIK DAN TERHUYUNG-HUYUNG NAMUN SELAMAT SAMPAI TUJUAN.
ADA PULA YANG DISAMBAR DAN DIHEMPASKAN DI NERAKA (HR MUSLIM ( 9195) DAN Al hakim (4/631) dari sahabat hudzaifah).

3. Diantara mereka ada yang tertahan diatas shirath lalu mengalami berbagai penderitaan hebat berupa jilatan api neraka jahannam serta azab , teror lainnya yang membuat jantung seperti terlepas .
Diriwayatkan dari Sahl bin Muadz bin anas Al –Juhani dari ayahnya dari nabi yang bersabda : “BARANGSIAPA YANG MELONTARKAN KEPADA SESEORANG MUSLIM SESUATU (TUDUHAN) DENGAN MAKSUD INGIN MENCELA NYA, NISCAYA ALLAH MENAHANNYA DIATAS JEMBATAN JAHANNAM SEHINGGA IA MENARIK PERKATAANNYA”
(HR Abu Dawud 948830 dan dishahihkan Al-Albani dalam Shahih Abu Dawud (4086)).

4. Diantara mereka ada yang dibinasakan oleh amalannya sendiri, sehingga iapun jatuh kedalam neraka. Kita berlindung kepada Allah.
Hal ini disebutkan dalam riwayat Abu Bakar dari nabi yang bersabda:
“PADA HARI KIAMAT KELAK MANUSIA AKAN DILETAKKAN DIATAS SHIRATH , LALU PARA PENJAGA SISI SHIRATH MENJATUHKAN MEREKA LAKSANA BERJATUHANNYA KUPU-KUPU KEDALAM API NERAKA, “BELIAU BERSABDA, “LALU DENGAN RAHMATNYA, ALLAH SELAMATKAN SIAPAPUN YANG DIKEHENDAKINYA” (HR Ahmad dalam Al-Fath Ar-Rabbani 24/156, At-tabrani, Albazzar dan di shahihkan Al-Albani dalam Zhilalul jannah 9837)

Pada saat yang sangat sulit, sangat menakutkan dan membuat jantung serasa copot iniPARA RASUL MEMANJATKAN DOA DENGAN MENGATAKAN. “YA ALLAH SELAMATKANLAH, SELAMATKANLAH”, Sebagai rasa KASIH DAN SAYANG TERHADAP KEADAAN MANUSIA YANG MEREKA LIHAT DIATAS SHIRATH INI….
Wallahualam …

Saya memohon kepada Allah yang maha Agung , Rabb Arsy Yang mulia , agar menyelamatkan kita dari berbagai ujian hari kiamat dan dari ujian shirath .Semoga Allah memasukkan kita ketempat yang mulia dan tidak memperlakukan kita dengan sifat yang sudah biasa menjadi sifat kita, tapi memperlakukan kita dengan cara Yang sesuai Dengan Sifat-Nya… Aamiin.

Silahkan Teman-teman dikoreksi/, diperbaiki /diluruskan /ditambahi dan dilengkapi.
Jazakallahu khairan katsiro


(Sumber : DR Muhammad An-Nuaim “DIATAS TITIAN JAHANNAM” , Muhammad Tholhah Hasan , “APABILA IMAN TETAP BERTAHAN)

www.bulancahaya9.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar